Cara Buat Daftar Isi di WordPress

Hallo sobat Blogger semua, bagaimana kabarnya hari ini? buat postingan lagi nih, biar blog makin rame. sekalian sharing ilmu untuk yang lain biar nambah pahala juga. hehe :D kali ini ane masih bahas tutorial seputar WordPress lagi. Kalo sebelumnya ane udah bahas tutorial Cara membuat Artikel Terkait di WordPress. kali ini ane mau share bagaimana caranya buat Sitemap atau daftar isi di blog wordpress atau biasa disingkat dengan WP.

Kalo ente mampir ke forum resmi WP, disitu masih agak sepi dan kurang ramai untuk soal tutorial. karena memang kebanyakaan yang masuk forum WP tu cuma tanya-tanya aja. jarang yang share ilmunya. entah kenapa seperti itu? apakah kekurangan para master atau memang forumnya masih sepi.

Oh ya, balik lagi ke tutorial. sebenarnya ane buat tutorial ini karena ada salah satu blogger yang tanya cara buat Sitemap atau daftar isi seperti di blog ane yang keren ini. (hahahaa, sombong :lol: ) kalo dulu ane sempat bikin daftar isi juga di Widget atau sidebar, tapi sekarang ane hapus karena ane ga mau tampilan blog ane kepanjangan. maklum lah, kalo banyak-banyak malah bikin blog berat. jadi kalo yang mau lihat daftar isi bisa liat di Page Daftar Isi aja ya :D . Tapi ente semua ga usah khawatir. nanti ane bahas satu perastu ko, mulai dari yang daftar isi di Page dan daftar isi di Widget atau Sidebar juga. :cool:

Ok, sekrang kita langsung menuju tutorialnya. :)

Daftar Isi Dalam Bentuk Page

1. Login atau masuk dulu ke Dashboard WP ente, udah tau kan caranya? kayanya kalo yang ini mah ga perlu dikasih screanshot deh. :cool:

2. Pilih PAGES lalu klik ADD NEW

3. Setelah halaman untuk membuat page baru muncul. tinggal tulis di kolom buat halaman tu dengan tulisan seperti ini [arch*ives]. Jangan lupa untuk menghilangkan tanda *

4. Setelah itu ente beri judul deh, terserah mau dikasih judul Sitemap atau Daftar Isi atau yang lain juga boleh. Gampang kan? Ok, sekarang lanjut yang di Widget

Daftar Isi Dalam Bentuk Widget

1. yang pertama pasti harus login dulu lah, udah? ok, lanjut.. :mrgreen:

2. Pilih APPEARANCE lalu klik WIDGETS. nah, tinggal tambahain Widget Text lah tu… abis tu copy paste kode dibawah ini

<div st******yle=”overflow:auto;width:190px;height:175px;background-attachment:scroll;background-image:url(‘http://alamat gambar yang anda inginkan.jpg’);border:1px solid #3e3d3d;padding:5px;”>
[arch********ives]
</div>

3. Hilangkan dulu tanda ******* (maaf, ane buat kaya gitu karena kalo ga ane kasih, nantinya malah jadi daftar isi. ga muncul kodenya. hehe :oops: ) Nah, tuk merubah ukurannya. kalian bisa mengatur ukuran width (lebar) dan hight (tinggi) dari daftar isi yang akan kalian buat.

4. Dan yang terakhir klik Save, selesai deh… coba sekarang kalian lihat blog kalian. pasti dah nambah dah tu widget dafar isinya. kalo di blog ane tampilannya kaya gini nih… :cool:

cara buat sitemap di wordpress

Gampang kan sob? untuk blogger yang minta tutorial ini, ane udah menuhin requestnya. jadi jangan lupa untuk sering-sering mampir ke blog ane. dan buat blogger yang lain, semoga bermanfaat. ane jg masih newbie. jadi sama-sama belajar j. :D :cool:

DILARANG BERKOMENTAR DENGAN UNSUR YANG MENGANDUNG "SARA"

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: